Manfaat dan Khasiat Minyak Kelapa

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/07/manfaat-dan-khasiat-minyak-kelapa.html
Pohon kelapa tumbuh subur di negara-negara kepulauan seperti Indonesia. Pohon yang satu ini bisa dikatakan sebagai karunia alam yang sungguh ajaib. Hampir semua bagian-bagiannya berguna dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Mulai dari akar, batang, daun, bunga, serta buahnya semua dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi sesuatu yang berguna untuk kebutuhan manusia.

Salah satu hasil olahan dari buah kelapa ini adalah minyak kelapa yang ternyata memiliki khasiat luar biasa. Minyak kelapa ini dihasilkan dari proses pemasakan santan kelapa hingga menjadi minyak. Jadi, bukan hanya minyak zaitun dan minyak kayu putih saja yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa


Orang-orang jaman dahulu biasa menggunakan minyak kelapa untuk keperluan memasak dan menggoreng. Karena proses pembuatannya yang cukup lama dan seiring perkembangan jaman minyak kelapa mulai banyak ditinggalkan dan baralih ke minyak sawit yang lebih mudah didapat dan banyak dijual di pasaran. Namun tahukah Anda, dibalik menurunnya popularitas minyak kelapa di tengah masyarakat ternyata minyak kelapa ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Inilah beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan;

Perawatan rambut

Di dalam minyak kelapa terkandung banyak nutrisi yang penting untuk membantu menjadikan rambut tetap sehat dan tampak bersinar alami. Minyak kelapa juga merupakan obat yang alami untuk mengatasi segala permasalahan yang biasa dialami rambut, seperti ketombe, rambut rontok, kusut dan bercabang. Juga dapat menghilangkan kutu sampai ketelurnya. Memijat rambut serta kulit kepala secara teratur dengan menggunakan minyak kelapa dapat menjadikan rambut sehat, hitam berkilau dan panjang. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa setiap 1 jam sebelum keramas.

Perawatan kulit

Bagi yang memiliki kulit kering, minyak kelapa merupakan pelembab alami yang dapat menjadikan kulit tubuh menjadi lembab sehat bercahaya. Minyak kelapa juga dapat mencegah gejala penuaan dini seperti keriput dan dapat mengobati berbagai gangguan kulit yang diakibatkan oleh jamur, psoriasis, dermatitis dan lain-lain.

Penghilang stres

Aroma dari minyak kelapa mampu menenangkan pikiran dan meredakan stres. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa tersebut pada kulit kepala secara lembut disertai dengan pijatan-pijatan ringan sehingga akan membuat tubuh terasa nyaman.

Mengurangi berat badan

Asam lemak yang rendah yang terkandung dalam minyak kelapa dapat mengurangi kelebihan berat badan. Minyak kelapa dapat mengurangi stress pada pankreas dan akan melancarkan metabolisme sehingga dapat meningkatkan pembakaran lemak.

Melancarkan fungsi pencernaan

Di dalam minyak kelapa terkandung zat antibakteri yang dapat membantu tubuh untuk mencerna nutrisi penting makanan, vitamin dan mineral, asam amino, serta protein. Minyak kelapa juga mampu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Obat penyembuh luka

Minyak kelapa dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka ataupun bekas luka pada kulit. caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa tersebut pada luka atau bekas luka yang ada pada kulit. Hal ini dapat menghindari kotoran atau debu yang akan masuk ke dalam luka tadi.

Pencegah sakit jantung

Di dalam minyak kelapa terdapat 50% kandungan asam laurat yang merupakan zat alami yang mampu menjaga jantung tetap sehat dan mencegahnya dari serangan penyakit. Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa terbukti tidak berbahaya karena tidak akan meningkatkan kadar LDL dan dapat melindungi arteri.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Secara keseluruhan minyak kelapa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjadikan tubuh selalu fit. Minyak kelapa juga membantu penyerapan kalsium dan magnesium lebih baik untuk kesehatan tulang dan gigi, serta dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti ginjal dan kandung empedu. Sedangkan untuk penderita diabetes, minyak kelapa dapat membantu dalam proses sekresi urin dan membantu mengontrol gula darah.

Itulah beberapa uraian mengenai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan. Namun selain minyaknya, air kelapa juga ternyata bermanfaat bagi kesehatan, ulasannya pernah dituang dalam artikel manfaat air kelapa hijau dan manfaat air kelapa bagi ibu hamil. Semoga menjadi manfaat untuk kita semua.

Related Posts